Rabu, 22 Maret 2017

Makanan Khas Kediri yang Enak, Populer, dan Terkenal


1. Makanan Khas Kediri – Tahu Takwa

Makanan Khas Kediri yang Paling Enak dan Menggiurkan
rokerkediri.blogspot.com
Awalnya tahu takwa ini dikenalkan oleh pengusaha asal Cina bernama Bah Kacung, Tahu ini merupakan oleh-oleh khas Kediri sejak tahun 1912.
Pengambilan nama takwa sendiri berasal dari bahasa Mandarin yang berarti aroma. Tahu ini aromanya gurih dan sangat menggoda bahkan sebelum dirasakan di lidah.
Tahu takwa ini mempunyai rasanya gurih dan tidak ada rasa masam sama sekali. Ini dia yang membuat tahu takwa berbeda dengan tahu lainnya. saat digoreng, kulit luarnya crispy, tapi bagian dalamnya tetap lembut.

2. Makanan Khas Kediri – Nasi Pecel Tumpang

Makanan Khas Kediri yang Paling Enak dan Menggiurkan
kulinerkedirinabila.blogspot.com
Berbicara tentang nasi pecel, sebenarnya makanan satu ini sudah banyak terdapat di berbegai daerah di Indonesia. Namun selalu ada ciri khas tersendiri dari nasi pecel di tiap-tiap daerah, salah satunya Kediri. Di Kediri yang paling terkenal adalah Nasi Pecel Tumpang.
Nasi pecel khas Kediri ini biasanya disajikan di atas “pincuk” daun pisang. Biasanya disajikan saat nasi masih mengepul hangat, lalu diatasnya diberi sayuran daun pepaya, daun kenikir, daun ketela pohon, kacang panjang, buah pepaya muda dan kecambah, kemudian disiram diatasnya sambal pecel dan sambal tumpang.
Sambal tumpang ini memiliki bumbu yang komplit, ada rasa pedas, asin, gurih berpadu dengan sambal pecel yang berasa pedas manis.
Setelah disiram sambal tumpang, diatasnya ditaburi lalapan rajangan mentimun, lamtoro dan daun kemangi. Lauk yang biasa disajikan adalah perkedel singkong, tempe atau tahu goreng serta terakhir sebagai pelengkap yaitu di tambahkan peyek.

3. Makanan Khas Kediri – Soto Kediri

Makanan Khas Kediri yang Paling Enak dan Menggiurkan
pempeksetia.com
Soto juga merupakan makanan yang umum ada di berbagai daerah. Soto Kediri ini juga seperti soto ayam pada umumnya, namun soto ini mempunyai cita rasa yang gurih, nikmat dan sedap yang tidak bisa ditemui pada soto-soto yang lain.
Perbedaan Soto Kediri ini dengan soto ayam lainnya adalah pada kuah soto khas Kediri ini diberi santan sehingga rasa soto ini menjadi semakin gurih dan nikmat.

4. Makanan Khas Kediri – Sate Emprit

Makanan Khas Kediri
www.telusurindonesia.com
Biasanya kalau sate bahan dasarnya adalah daging kambing atau daging ayam, namun berbeda dengan sate emprit khas Kediri ini yang berbahan dasar dari burung emprit. Pengolahanya adalah burung emprit dibakar lalu diolah seperti masakan sate biasanya.
Sebelum dibakar, sate emprit diberi air yang tercampur dengan asam, gula merah, serta bawang putih sebagai penyedap rasanya.
Setelah dibakar lalu dioles dengan bumbu sate yaitu kecap dicampur dengan sambal kacang. Biasanya dalam satu sunduk ada 2 daging burung emprit, di padukan dengan saos bumbu sate dan dalam penyajianya diberi lalapan, seperti timun dan irisan bawang merah.

5. Makanan Khas Kediri – Sate Bekicot

Makanan Khas Kediri yang Paling Enak dan Menggiurkan
pecintaalam-bocahkediri.blogspot.com
Kalau sate emprit bahan dasarnya burung emprit, maka sate bekicot ini berbahan dasar daging bekicot. Pusat dari makanan khas Kediri yang satu ini adalah berada di Desa Djengkol, Kecamatan Plosoklaten, Kabupaten Kediri, tepatnya 10 kilometer dari kawasan Monumen Simpang Lima Gumul.
Didaerah tersebut, selain menyediakan sate bekicot, juga menyajikan makanan olahan dari bekicot lainnya, seperti krengsengan bekicot, kripik bekicot, dan oseng-oseng bekicot

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Recent Posts

Toad Jumping Up and Down

Unordered List

Pages

Theme Support