Rabu, 22 Maret 2017

10 Makanan dan Minuman Khas Malaysia yang Sangat Nikmat

1. Nasi Daun Pisang

NDP Nasi Daun Pisang
mobiter.net
Makanan khas Malaysia yang pertama ini merupakan jenis kuliner hasil kombinasi resep Melayu dan India. Memang, ras India di Malaysia bisa dibilang cukup banyak sehingga tidak heran apabila kulinernya pun terpengaruh. Meskipun namanya hanya Nasi Daun Pisang, jangan dikira makanan ini sama dengan pecel pincuk khas Madiun yang juga dibungkus daun pisang.
Salah satu ciri khas dari makanan khas Malaysia yang satu ini memang memakai alas daun pisang, namun tidak sebatas itu saja. Daun yang dipakai biasanya adalah daun pisang yang memiliki ukuran ekstra lebar. Sedangkan menu utama yang disajikan adalah nasi ditambah siraman kuah kari khas India yang sangat lezat. Sebagai pelengkap, Nasi Daun Pisang akan lebih sedap dinikmati apabila ditambah lauk tambahan, misalnya sayuran hijau, acar dan daging rendang.

2. Nasi Lemak

nasi lemak aka nasi uduk
healthworks.my
Nasi Lemak adalah kuliner asli Malaysia yang biasanya menjadi buruan nomer #1 oleh para turis dari mancanegara. Ciri khas dari makanan ini adalah aromanya yang sangat menggoda orang-orang yang ada di sekitarnya.
Makanan khas Malaysia ini adalah nasi yang ketika proses pembuatannya direndam pada santan dan baru setelah itu dikukus sampai matang. Inilah resep inti dari aromanya yang semerbak itu. Biasanya, Nasi Lemak akan dikonsumsi dengan lauk daging sapi, ayam goreng maupun tumisan dan sebagainya.
Tekstur dan aromaa dari Nasi Lemak sebetulnya sangatlah mirip dengan Nasi Uduk di Indonesia.

3. Sambal Udang

udangnya sangatlah sedap
mykikicake.com
Sambal Udang bagi sebagian masyarakat Malaysia adalah umpama sambal terasi bagi masyarakat Indonesia. Ya, sebagian dari mereka sangat ketergantungan dengan sambal yang satu ini. Seakan-akan, makan tanpa Sambal Udang seperti hidup tanpa cinta. Hehe.
Memang juga diakui oleh para turis, bahwa sambal yang paling sedap adalah Sambal Udang ini, walaupun ada bermacam-maca jenis sambal lainnya. Cara mengonsumsi Sambal Udang yang paling nikmat adalah dengan nasi yang masih hangat.

4. Nasi Kandar

Nasi kandar namanya mirip sama teman saya
nadai.name
Kuliner Malaysia memang kaya akan ragamnya, tidak jauh berbeda dengan Indonesia tercinta. Selain 3 makanan di atas, ada salah satu kuliner andalan lainnya, yaitu Nasi kandar.
Nasi Kandar hampir mirip dengan Nasi Daun Pisang tadi. Yang membedakan adalah siraman karenya yang khas. Kita diperbolehkan memilih sendiri kare apa yang akan kita konsumsi bersama nasinya. Pembeli juga diperbolehkan memilih kombinasi lauk pauk sendiri seperti telur, daging sapi, ayam goreng dan sebagainya.

5. Bubur Century (Bitan)

Bubur bitan dengan telur hitam
couldfront.net
Kuliner khas Malaysia selanjutnya adalah Bubur Century. Secara umum, bubur ini mirip dengan bubur-bubur yang dijual oleh para pedagang bubur keliling di Indonesia. Yang membedakan, ada isian yang sangat khas.
Pada Bubur Century, terdapat toping dengan telur bitan berwarna hitam, yang mungkin bagi orang yang baru melihatnya akan mengira dan merasa jijik dengannya. Tapi jangan sembarangan lho, telur hitam tersebut konon memiliki manfaat bagi kesehatan kita.
Jangan khawatir, telur tersebut adalah telur ayam/bebek biasa yang diawetkan sebagaimana telur asin di tempat kita. Hanya saja, proses pengawetannya bisa mencapai hitungan minggu bahkan bulan.

sumber:http://nettik.net/makanan-malaysia-yang-enak/
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Recent Posts

Toad Jumping Up and Down

Unordered List

Pages

Theme Support